Kamis, 11 Agustus 2011

ASAL MARGA HASIBUAN DI SIBUHUAN/BARUMUN


Saya masih terbilang salah satu genetis Hasibuan versi Botung orang Barumun/Sibuhuan dari keturunan Marga Hasibuan hutakku Janjilobi  melalui Blogspot  ini saya ingin saling share  kesemua  teman 2 bope  Maradu Kahanggi, Mora, Anakboru juga Hatobangon dan Torbing Balok umumnya halak batak khususnya yang menyangkut Marga Hasibuan tarlobi lobi na tading di Luhat  Barumun dan Sosa harana bahat/godang do halak kita tidak mengetahui kepastian asal dari tanah kelahiran  nimarga .  Aduh…..Mohon maaf ini  Kahanggi / Ipar / Lae  bahasanya sedikit campur campur biasa madaa… he,he, he, heee .
Hasibuan natubu di Barumun pada dasarnya  berasal sian  Huta Lobu Botung di Hasahatan  dan merupakan  genetis dari Sigaol/toba, ima sian Radja Hasibuan pomparan ni Toga Sobu pada abad 15 kira kira tahun 1455 abang ni Radja Hasibuan bernama Radja Tinandang yang mengubah namanya menjadi Radja Sitompul. Makanya Hasibuan muda pasuo tu Marga Sitompul berarti dongan sa damang sa Dainang .
Dari Radja Hasibuan ini pomparanna 5 Bawa  :
1.       Radja Mardjalo,  tetap tinggal di si Gaol/Toba ima sipanjago huta.
2.       Guru Mangaloksa, laho tu Silindung – Tarutung onma amang ni si Opat Pusoran ; Hutabarat, Panggabean, Hutagalung dan Hutatoruan sedangkan Lumbantobing dan Hutapea pahompu ni Guru Mangaloksan sian anakna Hutatoruan kemudian turunan turunannya menjadi raja raja di Bonandolok.
3.       Guru Hinombaan laho tu Barus Sibolga.
4.       Guru Maniti laho tu Aceh Nangroo Darussalam.
5.       Guru Mardjalang laho tu Sibuhuan/Barumun.
Guru Mardjalang nalaho tu Barumun lalu si Pukka Huta di topi ni Aek Barumun ima Huta Lobu Botung beberapa tahun kemudian dipindah Ke Huta Hasahatan yang merupakan huta pagarannya  sehingga orang yang bermukim pertama kali adalah pomparan ni Guru Mardjalang  diyakini bahwa sesampai dibarumun  merubah namanya menjadi Ompun Sindetua inilah orang yang mengatur keberadaan raja raja di Luhat Hasahatan kemudian Janjilobi juga Huta yang dibuka oleh Mahodum Pangulu Bosar yang merupakan genetis dari Guru Mardjalang sehingga pada masa itu Hulu Barumun terdapat dua luhat yaitu Luhat Hasahatan dan Luhat Janjilobi yang dipimpin oleh Pemerintah Huta  Ompun Sodoguron dan Mahodum Pangulu Bosar yang kakak beradik sebagi si Pukka Huta kemudian turunan nya membuka huta diberbai tempat termasuk perkembangannya  huta di Sibuhuan itulah asal nama Sibuhuan karena yang ada di daerah itu pada awalnya baru marga Hasibuan sehingga orang memanggilnya huta ni si Hasibuan  sedangkan nama Barumun diambil dari nama sungai yang terbesar yaitu sungai Barumun yang sudah terkenal sejak zaman kerajaan Pasai dan Kesultanan Aru Barumun di Labuhan Bilik , karena sungai Barumun saat itu merapakan sarana Transportasi untuk mengangkut hasil bumi, ini bisa dibuktikan dengan adanya candi candi di Padang lawas dan Barumun yang dibangun oleh Rajendra Chola dari India Selatan  pada abad ke 11 yang berlokasi dipinggiran hulu Barumun.
BARUMUN adalah Mascotnya atau mutu manikam Sibuhuan  makanya kahanggi..!!! Ipar..!!! kalau bisa nama Barumun tetap hita pertahankan artina BARUMUN itu sudah terkenal sejak pada abad ke 11 , selain nama itu indah untuk didengar juga enak untuk di ucapkan   he.. he.. he..heeeee…. Harus PD dong dengan Barumun.  Ohhya.. kembali ke tarombo…
Dari keturunannya guru Mardjalang masing  masing mulai membuka huta ke beberapa daerah di Sibuhuan dengan bentuk kerajaan kerajaan kecil karena pada masa itu yang membuka huta disuatu tempat diwilayah Barumun selalu genetis dari Luhat Hasahatan dan Janjilobi kemudian  mengajak penduduk untuk sama sama membangun dan kemudian karena si Pukka huta maka dialah yang diangkat sebai Raja huta sebagai huta pagaran dari huta Bona Bulu  seperti ;
Luat Hasahatan dibawah kekuasaan Ompun Sodoguron.
Luat Janjilobi dibawah kekuasaan Mahodum Pangulu Bosar (Pertama) meninggal pada tahun 1617 ima kuburanna di Dolok Binubu Sibuhuan. (Dolok Binubu tanah adat Luhat Janjilobi).
Mondang dibawah kekuasaan si Pukka Huta Sutan Parlindungan.
Sosa Djulu ima Mangaradja Harang.
Sosa Djae dan Dalu dalu Sutan Naparas.
Pinarik ST.Bag Radja. Sedangkan Batang Bulu merupakan pecahan dari Janjilobi ima Soripada Mahodum dan Tanjung Botung ima Mahodum Pangulu Bosar IX.
Mahodum Pangulu Bosar (Pertama) adalah yang mengatur raja raja diluatnya sendiri ima Luat Janjilobi
Dan kalau Namora Sinde Tua ini yang mengatur raja raja diseluruh luat Hasahatan.
Mungkin itu dulu yang dapat sya share tu sude maradu Kahanggi, Mora, Anak boru bope tu sude Marga Hasibuan natopak di Tapsel, sebelumnya Sattabi di hamu, Molo adong hata nahurang pade binege sangape Pangkobar nahurang ture dipartarombona saya memohon untuk dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya mengaenai referensi tarombo on sesuai parcarito ni ompungi  dohot sude marudu Amang  di huta  Janjilobi dohot Stamboom ni halahi.  Wassalam Bill Maaf   Assalumu alaikum.

96 komentar:

  1. gak ngerti saya sama jalan ceritanya.

    Mampir juga cuy ke blog buatan anak sibuhuan ini:
    http://ahmedtnj.blogspot.com/
    dan blog baru saya ini:
    http://sibuhuan-blogger.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. terima kasih amang uda atas blognya,, sangat bermanfaat

    menurut cerita ayah saya , kami keturunan salah satu raja2 dari sibuhuan yang merantau ke daerah parsalakan angkola barat tapsel..

    BalasHapus
  3. menurut hata ni natobangku, ompung2 ni ami rona tingon katurunan Raja Barumun ke-2 terakhir yg kemudiannya MARANTO ke Tanah Melayu (Malaysia)
    botima

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari silsilah saya juga, saya ini termasuk turunan hasibuan yang merantao ke malaysia. tolong di infokan sama saya tentang hasibuan yang meranto kemalaysia

      Hapus
    2. Saya keturunan Hasibuan Sibuhuan, kakek sy merantau ke Batu Bara (Asahan) dari Sibuhuan

      Hapus
  4. horas, saya Darling hutabarat

    menurut abanganda hasibuan yg di barumun adalah adek dari guru mangaloksa, jadi apa ia kami (siopat pisoran, pomparan ni guru mangaloksa) harus memanggil oppung sama hasibuan yg d barumun???????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak seharusnya karena siopat pusoran adalah hasibuan yang mengubah namanya menjadi siopat pusoran

      Hapus
    2. memang harus memanggil opung karena nama boleh berubah tapi gen dan darah yang mengalir ditubuh tetaplah hasibuan.

      Hapus
    3. memang harus memanggil opung karena nama boleh berubah tapi gen dan darah yang mengalir ditubuh tetaplah hasibuan.

      Hapus
    4. Jika si A Keturunanan Hutabarat Generasi ke 15 maka jika Guru Mangaloksa anak ke II dari si Raja Hasibuan adalah Generasi ke 2 maka si A adalah generasi ke 17 Hasibuan.
      Maka sesuai tarombo Batak generasi ke 18 dari Raja Marjalang, Justru harus memanggil Opung/Kakek kepada si A.
      Yang setara dgn Siraja Nabarat adalah Anak dari Raja Marjalang tetapi yang setara dgn Siraja Hutapea dan Siraja Lumbantobing adalah cucu dari si Raja Marjalang.
      Jadi tidak selamanya Keturunan Guru Mangaloksa memanggil Opung Kepada marga Hasibuan.
      Beberapa Marga Lumbantobing dan Mungkin YG lain Keturunanan Guru Mangaloksa merantau ke Sibuhuan memakai Marga Hasibuan (krn mereka juga berhak memakainya) , oleh krn sudah turun temurun memakai Marga Hasibuan, maka apakah mereka harus dipanggil opung oleh Marga Hutabarat, Panggabean, Hutagalung, Hutapea dan Lumbantobing?

      Hapus
    5. Molo au hasibuan sian huristak appara mamio oppung Ma hutabarat,panggabean,huta galung,
      Tu hami

      Hapus
    6. Molo au hasibuan sian huristak appara mamio oppung Ma hutabarat,panggabean,huta galung,
      Tu hami

      Hapus
    7. Rizalsimanjuntak..anakboruku..itudah parpadanan saat opat pusoran minta restu buat marga taporan hadibuan..hasibuan yang 4 lagi harus di panggil ompung

      Hapus
    8. Au hasibuan dari kabupaten padang lawas kecamatan huristak desa ramba,, keturunan ni si TUKKOT NI RAJA HURISTAK urat ni tano i ni halai najolo,, na kojam i ni halai,,.. Ale iba na biasa2 do saudara...

      Hapus
  5. Kami Hasibuan desa parsombaan kec.lubuk. barumun.kab.padang lawas...Kata ompung kami kami keturunan raja mangoloksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada keturunan atau pinompar ni guru mangaloksa yang tetap memakai marga hasibuan

      Hapus
    2. Bang ali76 kalau boleh tau siapa nama opung nya ayah Abang..? Kami juga Hasibuan keturunan dari guru mangaloksa.. aku belum tau aku keturunan ke berapa.. mohon infonya.. 🙏🙏

      Hapus
  6. Kami Hasibuan desa parsombaan kec.lubuk. barumun.kab.padang lawas...Kata ompung kami kami keturunan raja mangoloksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapa ompung kalian yang di desa parsombaan.soalnya saya keturunan dari raja parsombaan

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Horas dihita sasudena, saya juga lahir di parsombaan tapi besar di Medan karena ada masalah makanya pindah ke Medan, manatau ada yg tau silsilah Hasibuan di parsombaan bisa wa saya 082369117787 karena saya awam tentang ini, terimakasih

      Hapus
  7. .brarti keturunan guru mangaloksa ada juga yang tetap memakai marga hasibuan y?

    BalasHapus
  8. Kami Hasubuan dari Paringgonan katanya kami keturunan Ompu Sumindak di lobu bariang tor simartilu anak dari Raja Batara Guru.

    BalasHapus
  9. Horas.. saya hasibuan yg berasal dari rantauprapat kab. Labuhan batu kec. Rantau selatan saya masih bingung dengan asal usul marga hasibuan kata nya marga hasibuan berasal dari sibuhuan tetapi di kampung saya banyak yg terdapat marga hasibuan . Dan saya juga mau bertanya Kalau hasibuan di panggil opung jadi hasibuan ke yg lain nya manggil apa kalau dalam adat bataknya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu tergantung usia juga :D , bisa panggil uda , tua , abang, dll

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. saya hasibuan dari sosa/parmainan, oppung kami tongku bosar, apakah masuk sosa Djae apa sosa Djulu, kalau dari atasnya turunan guru marjalang apakah benar?

    BalasHapus
  12. saya hasibuan dari sosa/parmainan, oppung kami tongku bosar, apakah masuk sosa Djae apa sosa Djulu, kalau dari atasnya turunan guru marjalang apakah benar?

    BalasHapus
  13. Horas kahanggi, saya Suleman Hasibuan berasal dari Desa silaiya batang angkola Tap sel, dulu oppung kami berasal dari botung sibuhuan/barumun nama oppung kami Mangaraja Batang taris Hasibuan, beliau merantau dari sibuhuan k silaiya dan menjadi raja dan pembuka kampung di desa Silaiya tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass.kaangg i,Suleman
      Mangaraja batang taris di stambok memang ada mangaraja batang taris.
      Info no tpn,wa,fb

      Hapus
    2. raja mangaraja solompoan hasibuan kenal bg raja dari parsombaan

      Hapus
    3. kalau bg tau silsilahnya tolong info saya.ini wa saya 081362978241

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Sama bg,kalau abg tau silsilahnya bisa wa ke saya 082369117787 soalnya saya juga lahir di parsombaan, terima kasih

      Hapus
  14. saya Sammad Hasibuan,keturunan dari Raja Hasibuan di Janjilobi. Ayah saya bernama JURMAN HASIBUAN dengan gelar BGD RAJA SULAIMAN HASIBUAN. Dari runtutan historis yang ada diatas. sebenarnya adahal yang perlu dipertanyakan, atau mungkin dijelaskan dengan lebih detail lagi. karena saya selalu penasaran, bagaimana proses perjalanan ataupun perkembangan raja hasibuan di sibuhuan. sering sih saya bertanya dan mendengar cerita dar ayah, namun saya masih merasa kurang karena masih hanya mendapat informasi dari satu sumber saja. penjelasan diatas sangat ringkas sekali, dan memunculkan benih-benih penasaran dibenak saya pribadi. kalau boleh memberikan saran, alangkah baiknya dalam penulisan diatas disertakan beberapa bukti, baik berupa sejarah rumah adatnya, artepak, tulisan-tulisan raja pada zaman dahulu dimana akan menjadi penguat keotentikan historinya.
    maaf, maklum saya masih penasaran. soalnya dijanjilobi hanya ada bagas godang. pernah saya masuk kedalam beberapa kali, namun yang saya temui sangat nihil, hanya sebuha rumah kosong dan tidak ada bekas-bekas sejarah yang dapat saya temukan didalamnya.

    BalasHapus
  15. horas, hasibuan dengar lagu di yutobe raja hasibuan sep lagu nay
    banggakan hasibuan putera barumun, salam hasibuan botung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasibuan Botung No piga doi,ipe kirim Jo No urut ni Hasibuan i,lae Sanga pe Abg atau kahanggi

      Hapus
  16. Au hasibuan sian huristak horas appara

    BalasHapus
  17. Au hasibuan sian huristak horas appara

    BalasHapus
  18. Saya hasibuan dari bandar durian kec. Aek natas kab. Labuhan batu utara. Saya gak tau saya hasibuan dari mana? Soalnya waktu ayah saya masih hidup saya coba bertanya tapi ayah saya tidak tau. Malah ayah saya bilang uwak kau yang tau (abang ayah saya) tapi itupun ueak saya sudah meninggal.. Itulah saya cukup kecewa juga saya kehilangan identitas keHasibuanan saya. Banyak orang yg bertanya... Tapi saya gak tau mau jawab apa. Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, itulah yg terjadi pada kita. Sepertinya kita harus peduli untuk meruntut satu persatu siapa ompung kita, siapa ompung ayah kita dst... barulah mungkin kita bisa mengetahui asal muasal keturunan kita. Tetap semangat, Horasss !!!

      Hapus
    2. Hasibuan yang ada di Asahan, Rantauprapat, Labuhan Batu & Barus (Tapteng) itu keturunan dari anak ke-3 Raja Hasibuan yaitu Guru Hinobaan. Keturunannya memang merantau ke daerah itu.
      Jadi beda dgn Hasibuan yg ada di Sibuhuan dan Padanglawas.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Hasibuan terbagi atas Hasibuan aha do ito,sanga Abg atau kahanggi kirim Jo No
    No urut Hasibuan

    BalasHapus
  21. Horas sasude oppung, bapa tua, bapa uda, appara nami..
    Adakah yang mencatat silsilah keluarga ny yg hasibuan di Palas, Paluta atau Tapsel..
    Mauliate

    BalasHapus
  22. Horas sude tuboppung, rap dohot appara nami na disude panjuru,
    Nang sampat marsapa tu uluan na ibgas asal sian Sibuhuan, pandokkon ni appara ni hami adong bahagian ni hasibuan on, rap dohot nmr na, bia do carito na na tu nomor??
    Dang uboto sanga kan tu ise tempat marsapa di portibi on.
    Tarimo kasi

    BalasHapus
  23. Horas kahanggi sude ipar oppung Uda boy Boru , saya Rajuddin Mahodum Hasibuan terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  24. Au hasibuan sian huta Binanga Tolu luat Huristak tinggl di Tebo Jambi

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal uda nasron.
      saya tinggal d riau- rengat

      Hapus
  25. Saya mau tanya ..di stambok kami adalah hasibuan sian sipogu.opung djatagor anak dari djamanobot sian pg.bira barumun.dan ayah nya bernama djasinomba sian pg.bira barumun juga.dan ayah nya adalah nalobi sian botung julu..yg saya mau tanya kan apakah anda tau siapa ayah dari nalobi sian botung julu ..tolong di jelaskan..karena di stanmbok kami hanya nalobi yg teratas dan tak tau siapa saudara nya dan ayah nya..mohon penjelasan nya terima kasih

    BalasHapus
  26. Saya hasibuan sian nalobi botung julu..tapi di stmbook yg ada pada saya tertera Hasibuan sian sipogu bt.natal madina..karena najolo opung ta djatagor sian pg bira
    Barumun anak dari djamanobot membuka huta di sipogu bt natal madina..yg sya mau tanya siapa ayah dan saudara sian opung raja nalobi sian botung julu..tolong jelaskan..biar saya paham.teima kasih.

    BalasHapus
  27. Au, hasibuan sian Huristak saya merasakan aroma marga saya tetap marga HASIBUAN yg dari guru marjalang,karna mengenali tarombo ini harus, melihat dari sipat sipat nya, dan sejarah nya, sipat HASIBUANI menurut saya adalah parbda, itu lah kita dan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Au pe hasibuan sian huristak do kahang,, sian huta ramba... Adong do diboto hamu kahang sitambok asli na hasibuan na sian huristak i,,so di boto doma asal ta kahang... Info WA 082284070654

      Hapus
  28. Au, hasibuan sian Huristak saya merasakan aroma marga saya tetap marga HASIBUAN yg dari guru marjalang,karna mengenali tarombo ini harus, melihat dari sipat sipat nya, dan sejarah nya, sipat HASIBUANI menurut saya adalah parbda, itu lah kita dan kita.

    BalasHapus
  29. Saya hasibuan keturunan ke enam dari opung yang merantau ke malintang jae di sekitar panyabungan ayah saya bercerita kalau kami asalnya dari keturunan hasibuan yakni raja manjalang/guru marjalang yang merantau ke sibuhuan, saya namun saya besar di sumatera barat dan merantau sendiri ke ibu kota, saya berusaha merunut asal usul darah hasibuan saya juga, mohon infonya bagaimana kita dapat merunut nenek moyang kita ini, terutama bagi saudara2 sedarah saya yakni cucu2 ompung siraja hasibuan

    BalasHapus
  30. Dulunya ada cerita kakek saya.ada surat dari tanah toba yg isinya siapa punya keris tolong di bawa ketanah toba karna sarung keris itu selalu menangid memanggil si keris
    Tapi saya lupa kampung apa itu tmptya d tnh toba.pertanyaannya ad g yg tau cerita itu.dan keris siapà ug cocok sama sàrungnya itu tolong d jwb bg yg tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Goarni kampung ya Sigaol Toba Samosir Tulang

      Hapus
  31. Biado dongan masalah keturun/silsila parmarga hasibuan bisa hità ceritan namun belum pasti kita keturunan keturinan yg mana.marsapa majolo tu akka kahanggi namangaku parmarga hasibuan.adong de hamu namamboto manggolom sarung ni keris pusaka marga hasibuan.cuma itu komen saya.

    BalasHapus
  32. Horas saya bermarga hasibuan dari raja marjombing keturunan datu rara anak bungsunya raja marjalo.

    BalasHapus
  33. Horas bah...au marga hasibuan.bahat dongan marga panggabean.hutabarat.ht.galung.marsapa tu au. Hasibuan aha do au. U sapai ayah.pandok nia Hasibuan Botung. Na maranto tu madina kota nopan. Tapi pandok ni dongan2 i inda adong hasibuan botung.jadi sondia ma penjelasanna. Tarimo kasih da kahang...

    BalasHapus
  34. Maaf yang komen pada keturunan hasibuan. Saya disini penasaran banget sama marga hasibuan karena bapak soeman hasibuan ni uwaknya kakek saya. Saya baca kalau bapaknya bapak soeman hasibuan yakni lebai wahid hasibuan keturunan raja, nah sampai situ saya bingung raja dari mana kah bapak wahid hasibuan ini. Apakah marga hasibuan keturunan bangsawan? Apalagi mendengar bapak wahid hasibuan ni keturunan raja. Please kalalu ada yang lihat komentar ini, terus orang tuanya cerita tentang marga ini, contact me oke, saya penasaran. Hubungi aja wa saya 08984026285. Saya butuh informasi sekaligus untuk belajar:') terimakasih

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. klo mamakku boru hasibuan keturunan raja hinobaan, klo aku butar2 hutagorat yang merantau ke asahan kami kurang tau asal usul kami tolong diberitau blog yang aku pake blog istriku boru sihombing silaban

    BalasHapus
  37. aku memang bukan hasibuan tapi mamakku yang hasibuan dari asahan tapi opungnya dia gak tau, klo aku marga butar2 hutagorat yang merantau keasahan

    BalasHapus
  38. horas, sude tu kahanggi/appara, setelah saya amati ternyata marga HASIBUAN tergolong banyak dan ramai. saya bangga bermarga HASIBUAN kahanggi/appara saya banyak dan ramai. hormat dan salam saya tu marga HASIBUAN dimana pun berada.. trim,s

    BalasHapus
  39. Assalamu Alaikum..,horas...
    Saya Hasibuan Angkola timur,kalau bisa minta info sitambok dari Tarutung ke Sibuhuan sampai ke Angkola...saya cuma tau Hasibuan botung.,darimana asal nya amat sangat ingin saya ketahui...kalau bisa unt kahanggi sekalian maunya kita buat grup marga hasibuan.baik di wa.maupun di FB.wassalam..horas

    BalasHapus
  40. Horas
    Salam hormat kepada admin blog ini dan terimkasih atas respon semua poparan Toga HASIBUAN dimana saja berada.

    Salam kenal dari Parlindungan Hasibuan keturuan dari oppu Rj.Marjalo kemudian turun ke oppu Juara Sudagar Nabegu dan oppu Mardinding.

    Sedikit info dari saya..bawa saya memiliki buku Tambok Batak Siraja Hasibuan yang di tulis oleh opung saya berdasarkan kegiatan kebudayaan tingkat propinsi Sumut,Aceh,Riau,Sumbar tahun 1980.

    Saat ini saya berdomisi di Pekanbru Riau, saya ingin menulis gambungan 5 pompran Toga Hasibuan :
    1. Pomparan Rj.Marjalo
    2. Pomparan Gr. Mangaloksa
    3. Pomparan Gr. Hanombaan
    4. Pomparan Gr. Maniti
    5. Pomparan Gr. Marjalang

    No wa 081327828315
    Semoga bisa saling berbagi cerita utk kesatuan Toga Hasibuan SeNusantara

    HORAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirim dulu lah buku tambok si raja Hasibuan biar lebih makin tahu kita semua pomparan ni raja hasibuan

      Hapus
  41. Saya marga hsb kata opung hsb botung, sy memang punya rencana mau kesibuhuan utk mencari tarombo keluarga, yg sy miliki data keluarga hsb cuma nama opung ayah sy yg merantau ke kabupaten asahan namanya Mursyid hsb dan adik kandungnya yg tinggal dikampung namanya MENANTI ALI HSB, cuma itu yg sy punya data yg diceritakan opung dan ayah sy, klw Bapak berkenan bantulah sy utk mencari silsilah sy dan sy siap dtg ke tempat bapak dikab.palas atau sibuhuan, atad atensi bapak se blm nya diucapkan t.kasih, wassalam,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum salam perkenalan. Nama saya Muslih hasibuan saya tinggal Kota Madya Binjai Propinsi Sumatra Utara. Saya adalalah keturunan dari marga hasibuan
      Harrayan setahu saya hasibuan terbagi 4 . 1 hasibuan botung2hasibuan harrayan 3h

      Hapus
  42. 3hasibuan pancur 4 hasibuan pinaggor saya punya stanbuk sillah sampai Raja hasibuan saya mulai dari saya muslih2ayah. M. Daud3m.

    BalasHapus
  43. 3M.said 4 januaren. 5japinaso 6Jaliat 7Janangon.8Jametar 9 Japinalolan 10 jamangaretan 11Naroma salim

    BalasHapus
  44. 3M.Said 4Januaren 5Japinaso 6 Jaliat 7 Jametar 8 Janangon 9 Jamangaretan 10 Japi Nalolan 11Naroma salim

    BalasHapus
  45. 12 Januaren 13 Ompu sumindak 14Ompu sendeAlias Raja Marjalang yang merantau ke Sibuhuan 15.Ompu bosar alias Raja hasibuan

    BalasHapus
  46. Dalam stanbuk silsilah kami Raja Marjalang alias Ompu sende punya anak 1Ompu Taranggol 2 Ompu Nibangunna 3 Ompu Pardomuan pardomuan4Ompusumidak

    BalasHapus
  47. Saya tidak tahu apakah terbaginya marga hasibuan itu dari 4anak Ompu sumidak ini atau terbaginya dari anak raja hasibuan 1rah terbaginya hasibuan itu

    BalasHapus
  48. Anak si Raja hasibuan ada 5 orang 4 yang memakai marga hasibuan 1Raja Manjalo 2Raja mangalakso ada yang merubah marga yang merantau ke si pirok tetap

    BalasHapus
  49. Memakai marga hasibuan 3 Raja hinoban yang merantau ke Barus dan asahan tetap memakai marga hasibuan 4 Raja Marjalang

    BalasHapus
  50. Yang merantau ke si Buhuan memakai marga hasibuan yang akhir terbagi 4 seperti yang saya sebutkan diatas mudah mudahan dapat

    BalasHapus
  51. Membantu saudara saudara saya marga hasibuan untuk menemukan silsilah marga hasibuan nya apakah dari hasibuan botung

    BalasHapus
  52. Harrayan Pancur Pinanggor atau apakah dari turunan Raja Manjalo Raja Mangalakso Raja Hinoban Raja Marjalang karna Raja maniti merantaukeaceh

    BalasHapus
  53. Raja Maniti yang merantau ke Aceh merubah marga menjadi batak 10 pitu mudah mudahan dapat membantu saudaraku marga hasibuan untuk menemukan silsilahnya

    BalasHapus
  54. Apakah dari keturunan Ompu tranggol atau Ompu nibangunna atau Ompu pardomuan atau Ompu sumindak Raja Raja hasibuan yg menjadi turunan saya

    BalasHapus
  55. Keturunan Ompu Sumindak. 1namanya Januaren . Januaren punya anak laki4 orang 1japanarian 2 Sutan uhum 33s

    BalasHapus
  56. 3 Sutan harrayan 4 Naroma salim yang menjadi Raja punya anak 1namanya Jamanga retan punya anak 1namanya Japinalolan punya anak 4o

    BalasHapus
  57. 1Jamanuncang 2Jaman nusun di hulim 3Jasialatan di sialangdan 4Jamemar di paringgonan julu

    BalasHapus
  58. jametar punya anak 6 orang 1Japinahan 2japaimpunan 3jalompo 4jatembang 5 jatinggi 6Janangon di paringgonan julu yang jadi orang 1

    BalasHapus
  59. Janangon punya anak 3 orang 1Jamanusun di simanuldang jabinayu di paringgonan Julu 3Jaliat di paringgonanJulu yang jadi Raja punya anak 3 orang 1

    BalasHapus
  60. Jaliat punya anak 3 orang Jamamuan 2Jamanumbang 3 Japinaso yang jadi Raja punya anak 2 orang 1Jarend12

    BalasHapus
  61. 2 januaren yang jadi Raja di paringonan julu yg terakhir yang menjadi ompung ayah saya januaren punya anak 8orang Jarende punya anak4orang itulah para penerus marga hasibuan harrayan sampai sekarang semoga bermanpat

    BalasHapus
  62. Marga hasibuan dari Batak 1siRaja batak 2Raja Isombuan 3Sorimangaraja 4Naisuangon 5Raja Sobu 6Raja hasibuan 7Raja Marjalang alias Ompu sende 9 Ompu sumindak 10 januaren 11narasalim
    12jamangaretan13 japinalolan 14jametar15 janangon 16 jaliat 17 japinaso 18 januaren 19 M. Said. 20.M Daud 21muslih
    Itulah silsilah. Hasibuan harrayan sibuhuan barumun

    BalasHapus
  63. Mohon maap saya kepada semua marga hasibuan keturunan dari Ompu sende alias . Raja Marjalang terjadi kesalahan saya menuliskan anak Ompu sende bukan Ompu pardomuan tetapi Ompu coudo guron jadi Ompu sende 1ompu taranggol 2ompu nibangunna. 3ompu soudoguron 4ompu sumindak

    BalasHapus
  64. Jadi Ompu sende alias Raja Marjalang punya 4 anak 1ompu tranggol 2 Ompu Nibangunna 3 Ompu coudo guron 4 Ompu sumindak

    BalasHapus